Pemkab Gratiskan Pengurusan Sertifikat Wakaf

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - Penerbitan sertifikat wakaf untuk yayasan seperti pondok pesantren, lembaga pendidikan dan tempat ibadah, sekarang telah digratiskan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Rembang. Belum lama ini, sertifikat tanah wakaf telah diserahkan kepada yayasan Al-Anwar 4 di Kecamatan Sarang oleh BPN.

Sertifikat secara simbolis diserahkan Kepala BPN, Ronald Lumban Gaol disaksikan Asisten II Sekda, Abdullah Zawawi dan Camat Sarang, Mutaqin kepada Pimpinan Ponpes Al-Anwar, KH Maemoen Zubaer.

Sejak tahun 1960, BPN Rembang sudah menerbitkan 779 sertifikat tanah wakaf. Jika ditambah enam sertifikat wakaf yang diserahkan untuk yayasan Al Anwar, maka total ada 785 sertifikat.


Wakil Ketua Yayasan Al-Anwar 4, Khoirul Anwar mengungkapkan, waktu penerbitan hak milik ini hanya satu minggu. Semula tanah ini milik perorangan yang kemudian diwakafkan.

"Saya bersyukur sertifikat wakaf sudah diterima. Pelayanan yang diberikan BPN sangat cepat dan jika dihitung penerbitan sertifikat tidak ada satu minggu," ungkapnya.

Ronald, Kepala BPN menjelaskan, dari keseluruhan ada tujuh sertifikat yang diajukan dari pihak yayasan Al Anwar 4. Dari tujuh bidang tanah yang sudah disertifikatkan, luasan tanahnya mencapai 1 hektare.

"Pihak yayasan Al Anwar 4 mengajukan tujuh sertifikat wakaf, rencananya akan digunakan untuk sekolah dan aktifitas pondok pesantren. Setelah keluar akta wakaf diajukan permohonan ke BPN untuk diterbitkan hak milik wakaf," terangnya.

Sebelumnya, satu sertifikat sudah diserahkan kepada pihak yayasan Al Anwar 4 pada Desember 2017 lalu. Sedangkan enam sertifikat lainnya, diserahkan oleh BPN di tahun 2018. (RTW/AM)

No comments

Powered by Blogger.