Hari Internet Aman Sedunia, Kominfo Ajak Sebar Konten Positif

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - Hari ini di seluruh dunia memperingati Hari Internet Aman Dunia (Safer Internet Day atau SID). Hal tersebut merupakan, sebuah ajakan untuk menjelajah dunia siber dengan penuh tanggung jawab.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rembang, Wartono menjelaskan, pemerintah memiliki kewajiban dalam upaya pencegahan penyebarluasan dan penggunaan informasi atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang dilarang sesuai undang-undang.

"Concern Kominfo merupakan cara untuk merangkul komunitas dan ekosistem untuk menyebarkan konten positif. Jika konten tidak bisa dimanage dengan baik akan jadi bumerang," imbuhnya.


Lebih lanjut Wartono menerangkan, pertumbuhan pengguna internet yang tinggi harus diimbangi dengan literasi digital, berupa pengetahuan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan baik. Sehingga, bisa meminimalisir “gap” antara teknologi dan pengetahuan.

Literasi digital ini, berupa penyebarluasan konten-konten positif, baik melalui kegiatan sosialisasi internet sehat, kampanye di sosial media maupun website.

“Gap ini mengakibatkan keresahan sehingga muncul hoax, cyberbullying dan radikalisme. Untuk meminimalisir hal tersebut harus ada literasi digitalnya, sehingga memperkenalkan pengetahuan baru soal pemanfaatan teknologi menjadi terarah bagi masyarakat,” pungkasnya.

Tidak hanya masyarakat, SID juga menyerukan pemerintah, korporasi, akademisi dan seluruh pemangku kepentingan terkait, untuk bekerjasama membangun internet yang lebih baik, terutama bagi anak-anak dan remaja. (RTW/AM)

No comments

Powered by Blogger.