Belum Lolos ODF, Lima Desa di Sumber Diverifikasi Ulang

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - Terdapat lima desa di Kecamatan Sumber yang masih belum tuntas bebas Buang Air Besar sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF). Diperkirakan tahun 2017 lalu ODF seluruh Desa di kecamatan Sumber bisa tuntas, namun hingga sekarang masih ada lima desa yang belum bebas ODF.

Kelima desa tersebut yaitu Desa Tlogotunggal, Sekarsari, Kedungasem, Jadi dan Desa Grawan. Rencananya di akhir Maret 2018, tim ODF Kabupaten Rembang akan melakukan verifikasi ulang kelima desa tersebut.

Siti Yulaikah, Koordinator Unit Kesehatan Masyarakat (UKM) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Sumber menuturkan, pada akhir bulan Februari ini Puskesmas Sumber bersama tim Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Kecamatan Sumber akan melakukan verifikasi ulang bagi desa yang belum lolos ODF. Diharapkan kelima desa tersebut bisa mempersiapkan desanya agar dapat lolos ODF.

Salah satu tim ODF kabupaten Rembang saat meninjau lokasi jamban warga yang baru dibangun oleh pihak desa. (Rendy/ISKNEWS.COM)

“Akhir Februari nanti, kami akan verifikasi tingkat kecamatan, akhir Maret verifikasi tingkat kabupaten. Jadi desa yang belum ODF tadi siap-siap,” ungkapnya.

Lebih lanjut Siti menerangkan, setelah tim STBM melakukan verifikasi, selanjutnya tim ODF Kabupaten Rembang, pada akhir Maret akan melakukan verifikasi ulang di lima desa yang belum ODF itu.

Sebelumnya, Desa Megulung, Kedungtulup dan Desa Sukorejo lolos ODF tahun 2015. Sedangkan Desa Randuagung, Sumber, Krikilan dan Desa Polbayem lolos ODF tahun 2016. Disusul Desa Logede, Ronggomulyo, Sekarsari, Jatihadi, Bogorejo dan Desa Pelemsari di tahun 2017. Diharapkan kelima desa tersebut bisa tuntas tahun 2018 ini. (RTW/AM)

No comments

Powered by Blogger.