Aspal Lokal Ungguli Aspal Impor

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - PT Rembang Migas bersama PT Rajawali Properti Jaya produsen aspal buton, melakukan uji gelar atau demo aspal alam Buton di jalan depan Balai Desa Pamotan, Jumat (23-02-2018) sore. Kegiatan demo tersebut disaksikan langsung oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz beserta jajaran.

Tujuan diadakannya demo aspal alam Buton untuk membuktikan, bahwa aspal tersebut bersahabat dengan air. Terbukti, pengerjaan jalan menggunakan bahan aspal alam Buton tetap dilakukan, meskipun di tengah guyuran hujan dan hasilnya pun terlihat baik.

Komisaris PT Rajawali Properti Jaya, Rudi Sembayang mengungkapkan, aspal Buton merupakan produk lokal Indonesia. Aspal alam jenis ini tidak mengandung minyak, seperti aspal minyak yang diimpor dari luar negeri.

Demo penggunaan aspal alam Buton di jalan depan Balai Desa Pamotan. (Rendy/ISKNEWS.COM)

“Aspal alam Buton ini kualitasnya jauh lebih baik dari aspal biasanya. Jika aspal biasanya tidak tahan air. Produk aspal kita ini jika kena air malah bagus, malah semakin rapat,” terangnya.

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, keunggulan yang dimiliki aspal Buton salah satunya dapat diterapkan setiap waktu. Meskipun di saat musim penghujan, pengerjaan jalan tetap bisa dilakukan.

"Andalan aspal Buton yakni campuran panas hampar dingin, kelebihannya dapat diterapkan setiap waktu, meski tidak saat musim panas. Di kala musim penghujan pun, tidak masalah," jelasnya.

Rudi menambahkan, dari sisi harga aspal alam Buton terhitung lebih hemat 10 persen dari aspal goreng. Secara kualitas pun lebih baik, dari pada aspal yang selama ini digunakan Pemkab untuk membangun jalan sebelumnya.

"Jauh lebih tahan lama, tidak berlubang hanya terkikis saja lama-lama karena dilintasi ban kendaraan, umur aspal tanpa digoreng ini bisa sampai 3 periode musim hujan," pungkasnya.

Setelah Sulawesi Tenggara menggunakan, kemudian di Jawa Timur, bahkan hampir seluruh kabupaten di Pulau Madura, kini mengandalkan aspal Buton. Presiden Joko Widodo sendiri juga pernah menyarankan kepada daerah untuk memakai aspal Buton. Selain karena bangga memakai produk sendiri, tentu bisa menghemat pengeluaran. (RTW/AM)

No comments

Powered by Blogger.