Wajib Tes Narkoba Syarat Pelantikan Panwaslu Desa dan Kelurahan

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jateng melakukan tes bebas narkoba sebelum calon panwaslu desa dan kelurahan yang terpilih dilantik. Pelaksnaan tes akan digelar di Gedung Hijau Rembang. Setelah itu, dilanjutkan mereka harus mengikuti tes kesehatan rohani oleh tim kesehatan dari RSUD.

Totok Suparyanto, Ketua Panwaslu Kabupaten Rembang mengatakan, setelah  tahapan hasil seleksi diumumkan dilanjutkan Tes bebas narkoba dilaksanakan pada 10 Januari 2018. Sementara, untuk tes kesehatan rohani dilaksanakan pada 11-12 Januari 2018.

“Kami berharap semua calon terpilih melakukan tes tersebut, karena menjadi persyaratan sebagaimana tertuang dalam undang-undang No.7 tahun 2017 tentang Pemilu,” ucapnya.


Dirinya menjelaskan, hasil seleksi Panwaslu desa/kelurahan hari  rabu ini (10/01) diumumkan  di masing-masing kantor Panwascam.

“,Pengumuman seleksi terpilih akan disampaikan melalui media social maupun dikabarkan secara langsung, serta ditempelkan di kantor Panwascam. ,” katanya Kemarin.

Sementara, pelaksanaan pelantikan para Panwaslu Kelurahan/Desa akan dimulai pada Jumat (11/1) sampai Minggu (14/1). Setelah semua dilantik, dalam waktu cepat akan diberikan bimbingan teknis mengenai pengawasan Pemilihan Gubernur yang saat ini tahapannya sudah berjalan.

Panwaslu Kelurahan/Desa setelah dilantik, mereka harus langsung melakukan kerja pengawasan. Tahapan yang perlu diawasi mereka dalam waktu dekat adalah pemutakhiran data dan daftar pemilih. Selain itu, Panwaslu Kelurahan/Desa juga bisa melakukan pengawasan dalam ferivikasi faktual keanggotaan partai politik.

“Pengawasan tahapan ini sangat penting, agar hak konstitusi warga dalam menggunakan hak pilihnya terjamin,” pungkasnya. (rtw)

No comments

Powered by Blogger.