Tiga Jalur Kereta Api Akan Kembali Diaktifkan, Masyarakat Resah

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - PT KAI dikabarkan akan mengaktifkan kembali rel kereta api di wilayah Rembang. Dikabarkan ada tiga jurusan yang akan diaktifkan kembali. Hanya saja terkait lokasi, Dinas Perhubungan Kabupaten Rembang masih belum bisa memastikan karena semua itu menjadi kewenangan perusahaan.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Rembang, Suwarno menjelaskan, soal pengaktifan kereta api, hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan apakah PT KAI akan menggunakan jalur rel kereta yang lama, ataukah membuat jalur kereta yang baru.

Pasalnya, selama ini sebagian besar bekas rel kereta yang melintasi wilayah Rembang, sebagian besar sudah menjadi jalan dan pemukiman warga. Ia menambahkan, ada tiga jalur kereta yang akan diaktifkan. Diantaranya, Rembang - Blora, Rembang – Semarang dan terakhir Rembang - Bojonegoro.


"Kami belum tahu secara pasti, cuma pengaktifan kalau tak pakai jalur yang lama ya buat jalur baru, itu merupakan wewenang perusahaan," ungkap Suwarno, Sabtu (20-01-2018).

Sementara itu, Surni salah satu warga yang menempati tanah PT Kereta Api Indonesia, mengaku khawatir seumpama rumah yang dihuninya selama ini harus digusur. Jika terpaksa dilakukan, pihaknya meminta ganti rugi atas bangunan rumah yang sudah dibangunnya.

"Saya cukup was-was ada berita seperti itu, karena saya membeli tanah tersebut dari seseorang yang awalnya tinggal di situ. Kalau memang harus digusur saya harap untuk diberi ganti rugi. Kalau bisa diberikan tanah baru agar keluarga saya tidak terlantar begitu saja," pintanya.

Sebelumnya, isu reaktifasi rel kereta api di wilayah Kabupaten Rembang oleh PT Kereta Api Indonesia, sudah lama membuat masyarakat di wilayah tersebut bertanya-tanya, khususnya warga yang menempati tanah bekas rel kereta api. (RTW/AM)

No comments

Powered by Blogger.