Fenomena Gerhana Bulan Total Datangkan Rejeki Sejumlah Pedagang

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - Fenomena Gerhana bulan total diberitakan dapat terlihat jelas di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan seluruh provinsi Sumatera. Namun fenomena tersebut tidak dapat dinikmati dengan jelas diwilayah Kabupaten Rembang dikarenakan tertutup awan.

Salah satu warga yang menikmati fenomena tersebut diwilayah Tugu Lilin, Hamizar, mengaku sedikit kecewa akibat tertutupnya fenomena ini dengan awan. Pasalnya dia sudah menunggu sejak jam 20.00 WIB hingga 21.30 WIB.

"Tadi jam 20.30 terlihat bulan masih kecil berwarna merah, tapi semakin keatas bulan mulai tertutup awan jadi hanya terlihat samar-samar, agak kecewa sudah menunggu lama-lama padahal ini kan momen langka," ujarnya

Sebelumnya, diperkirakan gerhana bulan total berlangsung selama kurang lebih 77 menit dan berada pada fase purnama sekitar pukul 20.30 WIB. Namun hingga pukul 22.00 WIB, fase purnama baru terbentuk setengah dan tertutup awan.

Ditempat lain, Mifta atau sapaan akrabnya Paimin salah satu pedagang kopi dikawasan alun-alun mengaku, dibandingkan hari-hari sebelumnya, tempat dagangannya lebih ramai dan dibanjiri pesanan. Kebanyakan dari mereka datang memesan minuman dan makanan sambil menikmati fenomena gerhana bulan total.

"Malam ini lebih rame mas, dari pada hari biasanya, padahal malam ini bukan malam minggu maupun hari libur, biasanya disini rame pas hari-hari libur, ya alhamdulillah" ungkapnya

Berdasarkan informasi dari Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG), diperkirakan pada tahun 2018 diprediksi akan terjadi lima kali gerhana. Semuanya terjadi pada bulan Januari, Februari, Juli, dan Agustus. (RTW/AM)

No comments

Powered by Blogger.