Datangkan Ahli Gas Metan, DLH Serius Kelola TPA Landoh

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) telah mendatangkan petugas ahli dalam bidang mengelola gas metan yang dihasilkan oleh sampah. Upaya tersebut dilakukan untuk memanfaatkan limbah sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Landoh, Kecamatan Sulang, Rembang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Suharso mengatakan, pihaknya sudah mendatangkan petugas ahli yang ditujukan untuk mengelola gas yang dikeluarkan sampah. Mereka diundang untuk bisa merancang, serta mengelola penggunaan gas metan di TPA Landoh. Apabila nantinya gas metan bisa dikendalikan, akan bisa termanfaatkan masyarakat.

“Saya mengundang petugas dari Malang, Jawa Timur, untuk mengelola dan merancang penggunaan gas yang dikeluarkan sampah. Gas metan ini, apabila tidak dikendalikan seumpama terbakar susah untuk pemadaman,” ujarnya, Selasa (30-01-2018).


Dirinya mengungkapkan, sampai sejauh ini tim telah merancang UPL Rencana Anggaran Biaya (RAB) pengelolaan limbah sampah. Apabila pada tahap awal terealisasi, pemanfaatannya akan dimanfaatkan di lingkungan kantor, dilanjutkan kompleks sekitar lokasi, serta kedepan bisa dikembangkan kepada masyarakat banyak.

"Kalau program ini berhasil, pemanfaatan gas metannya luar biasa bagi kebutuhan masyarakat dan akan mengurangi limbah pendukungnya. Program ini rencananya akan dianggarkan," terangnya.

Selama ini, dalam penilaian Adipura pada prinsipnya di TPA Landoh masih memiliki kelemahan, terkait pemanfaatkan limbah sampah yang belum maksimal. Terutama gas metan di dalam sampah yang belum dikelola dengan baik. (RTW/AM)

No comments

Powered by Blogger.