Citarasa Khas Buah Durian Sale Nan Legit

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - Sale merupakan kecamatan di Kabupaten Rembang yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Jatirogo, Tuban, Jawa Timur. Terdapat berbagai kuliner di daerah Sale, salah satunya yaitu buah durian di Desa Bitingan.

Pohon durian di Kecamatan Sale sudah mulai berbuah meski batangnnya masih kecil. Rata-rata durian ini dipanen setelah buahnya matang dan jatuh dari pohon.

Dari segi rasa, buah durian dari Kecamatan Sale disebut punya citarasa yang berbeda dari semua buah durian yang ada di Kabupaten Rembang. Oleh karena itu, durian dari Kecamatan Sale banyak diburu pecinta durian dari berbagai daerah, meski belum banyak yang tahu buah durian dari Kecamatan Sale.


Sumadi salah seorang pedagang durian di Desa Bitingan mengaku, sebelumnya pada tahun 2009, buah durian di tempat ini belum banyak peminatnya. Warga sekitarpun jarang yang suka, sehingga pemilik pohon durian menjual dengan cara menitipkan barang ke warung-warung di wilayah desa setempat.

"Pada tahun 2009, warga sekitar menjual durian dengan dititipkan di warung-warung. Untuk sekarang, warung harus bayar dahulu baru mendapatkan barang," tuturnya, Senin (29-01-2018).

Namun saat ini, Sumadi mengungkapkan, sedikitnya sudah ada ratusan pohon durian yang dikembangkan oleh warga setempat. Dan wilayah pemasaran durian dari Sale ini, sudah sampai ke wilayah seperti Jatirogo dan sekitarnya.

"Saat ini jumlah pohonnya ada ratusan yang ditanam warga dan pemasarannya sudah sampai Jawa timur, terutama daerah Jatirogo," terangnya.

Terdapat berbagai macam jenis durian yang tumbuh subur di wilayah Gunung Botak. Diantaranya Durian Kenyung, Durian Madu, dan Durian Bawang. Menurut penduduk setempat, durian yang paling diminati di tempat ini adalah Durian Podang. (RTW/AM)

No comments

Powered by Blogger.