Tingkatkan Penilaian Adipura, DLH Benahi Kelemahan

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - Guna meningkatkan hasil penilaian Adipura di Kabupaten Rembang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus melakukan evaluasi yang menjadi kelemahan dalam penilaian adipura. Hal tersebut diupayakan karena adipura menjadi target utama pemerintah pemkab Rembang ditahun 2018 yang harus didapatkan. 


Kepala DLH Suharso mengatakan, dari hasil pemantauan di beberapa tempat masih ditemukan beberapa lokasi dinilai kurang dan belum dilakukan pembenahan-pembenahan. Dari hasil temuan tersebut nantinya diharapkan segera ditindak lanjuti.

"Dari hasil monitoring dan evaluasi penilaian Adipura masih ditemukan di beberapa lokasi belum dilakukan pembenahan-pembenahan dan segera diminta untuk ditindaklanjuti," Ungkapnya. 

Menurutnya, Pihaknya masih punya waktu  bulan januari hingga mei 2018 mendatang untuk menindaklanjuti dan melakukan pembenahan . Diakuinya, dibeberapa tempat masih ditemui kelemahan diantaranya kurang adanya penghijauan tanaman tegak dilingkungan  Organisasi perangkat daerah (OPD) , maupun halaman kantor belum diisi pot-pot penghijauan  Demikian pula dibeberapa rumah warga kepedulian halaman rumahnya  untuk ditanami tanaman hijau masih kurang . 

Selain itu yang menjadi perhatian adalah dibeberapa tempat jalan pantura masih belum memiliki tempat sampah . dimana warga bisa memanfaatkan akses sampah untuk diolah menjadi kompos. Untuk itu Pihaknya telah  melakukan penambahan bak-bak sampah, karena seluruh sampah harus bisa terangkut oleh bak truk pengangkut sampah. 

Suharso melanjutkan, untuk obyek penilaian pengolahan sampah saat ini juga menjadi perhatian,  sebab penanganan sampah yang dimiliki selama ini masih minim, pihaknya telah menyiapkan dan menambah model penanganannya, dengan mengganti dan menambah luas lahan maupun peralatan yang dimiliki. Langkah ini agar dapat mengejar penilaian dalam pengolahan sampah. 

Sejalan dengan masih adanya permasalahan tersebut DLH sudah mengedarkan surat edaran kepada dinas instansi terkait untuk segera menindaklanjutinya. Diantaranya terkait, pengolahan TPA, menambah pohon tegakan dimasing-masing OPD dan mengaktifkan partisipasi  masyarakat, pihak sekolah dan  seluruh OPD. 

Dengan upaya tersebut pihaknya optimis apabila semua kelemahan teratasi dan ditindaklanjuti perolehan adipura bisa diraih kabupaten Rembang. 

"Kelemahan penilaian harus teratasi Pemkab masih punya waktu januari hingga mei kita genjot keleman kita ,Insya Allah apabila bisa teratasi Rembang akan memperoleh Adipura kembali," tandasnya. (rtw)

No comments

Powered by Blogger.