KPU Tindak 22 Nama PPS Yang Terindikasi Anggota Parpol

Lintasrembang.isknews.com, Lintas Rembang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang tengah melakukan penelusuran terhadap 21 nama PPS yang terindikasi dalam keaggotaan partai politik. Penelusuran dilakukan lantaran ditemukannya data dukungan partai poltik. Selain itu, KPU juga sudah memberikan mandat kepada PPK di tingkat Kecamatan untuk melakukan klarifikasi kepada PPS yang diduga terlibat.

lintasrembang.isknews.com

Ketua KPU Rembang Minanus Su'ud menjelaskan, sampai saat ini, pihaknya masih menunggu hasil klarifikasi oleh PPK yang ditugaskan untuk melakukan menelusuran kepada PPS yang bersangkutan. Dan untuk hasil klarifikasi pihaknya mengatakan akan segera disampaikan PPK ke KPU, sebelum penetapan, dan pelantikan sekaligus pembekalan PPS yang akan dilakukan pada tanggal 26 November 2017. 

"Surat dari Panwas Kabupaten sudah masuk, ada 21 PPS yang terindikasi masuk keanggotaan partai politik. Ini datanya sudah kita telusuri dari dukungan partai politik yang sudah jelas. Kita sudah memerintahkan secara kelembagaan kepada PPK untuk melakukan klarifikasi kepada PPS yang 21 itu. Hasilnya akan disampaikan sebelum dilantik," ujarnya.

Mengenai keanggotaan partai politik, menurut Ketua KPU, pihaknya sampai hari ini pihaknya belum melakukan verifikasi faktual. Sehingga, belum dapat memastikan seseorang sebagai anggota partai politik. KPU Rembang sementara hanya bisa menugaskan PPK, untuk melakukan klarifikasi terhadap PPS yang terduga sebagai anggota partai.

"Keanggotaan paratai politik belum kita lakukan verifikasi faktual, jadi apakah orangnya bener anggota partai tertentu kita juga tidak tau. Kita hanya bisa berandai-andai, kita minta PPK untuk melakukan klarifikasi agar mereka bisa membuat pernyataan" imbuhnya 

Pengawas pemilu di Kecamatan Kragan kembali melaporkan kepada Bawaslu Rembang, atas temuan 1 nama PPS yang terlibat parpol setelah surat adanya temuan disampaikan kepada KPU Rembang. Sehingga, Sampai hari ini, terdapat sebanyak 22 nama Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang terindikasi sebagai anggota parpol. (rtw)

No comments

Powered by Blogger.