Koperasi Guyub Rukun Kelola Gudang Sentra Garam

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - Untuk mengatasi persoalan garam di Kabupaten Rembang, Pemerintah setempat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan membangun sebuah gudang sentra niaga garam yang yang mampu menampung garam hasil produksi petani setempat hingga 2000 ton pertahun. Pengelolaan gudang yang berada diwilayah pantura Desa Purworejo Kecamatan Kaliori, dikelola oleh Koperasi Guyub Rukun dan koperasi tersebut dimiliki para pengusaha garam Kecamatan setempat.



Suwardi Wakil ketua koperasi Guyub Rukun menuturkan, setatus pengelolaan gudang yang menampung 2000 ton garam petani itu, dihibahkan kepada Koperasi, oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Kedepannya semua keuntungan yang didapat, nantinya akan menjadi milik Koperasi, dan sebagian dikembalikan kepada anggota koprasi. Selain itu, sebagian keuntungan akan menjadi dana untuk oprasional.

"Ia itu sudah dihibahkan kepada Koperasi Guyub Rukun. Kalau soal keuntungan nanti menjadi milik koperasi sepenuhnya yang sebagian dikembalikan kepada anggota yang berjumlah 50 orang, dsan sebagian untuk modal" ujarnya.

Ia membeberkan, untuk pengoprasian gudang tersebut, masih menunggu serah terima secara resmi dari kementrian KKP. Diperkirakan baru akan dilakukan antara bulan Januari, hingga Februari 2018 mendatang.

"Kalau beroprasi baru akan kita lakukan pada setelah serah terima secara resmi oleh KKP, antara bulan Januari atau Februari tahun depan," tandasnya.

Proyek pembangunan sentra niaga garam tersebut merupakan program pemerintah pusat, sebagai salah satu persiapan untuk meningkatkan stok garam nasional. Kegiatan ini dialokasikan anggaran sebesar Rp 2 Miliar. Kedepannya, selain sebagai sarana oprasi pasar saat garam sedang langka, keberadaan sentra garam itu nantinya akan menekan anjloknya harga garam saat panen raya, dengan cara saat harga murah petani dapat menjual lepada koperasi. (rtw)

No comments

Powered by Blogger.