Gelar Pelatihan, Pemkab Waspadai Penyakit Menular

LINTASREMBANG.ISKNEWS.COM, Lintas Rembang - Waspadai merebaknya penyakit menular di wilayah Kabupaten Rembang, pemerintah setempat membekali 294 orang perawat jenazah dengan pelatihan, untuk merawat orang meninggal yang menderita penyakit menular. Pelatihan tersebut melibatkan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R.Soetrasno Rembang dan digelar di Pendapa kompleks Museum Kartini Rembang baru-baru ini.


Abdullah Zawawi, Asisten II Sekda Rembang mengatakan, pelatihan merawat jenazah dinilai penting, mengingat masih minimnya pengetahuan para perawat jenazah, soal penyakit menular. Sehingga, sangat perlu diberikan pembekalan.

"Kita akan menerima pelatihan yang akan diberikan dari rumah sakit umum Rembang. Kaitannya untuk merawat jenazah yang kira-kira jenazahnya mengidap penyakit menular" kata Abdullah Zawawi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam sambutannya, mengajak ratusan perawat jenazah semakin baik dalam menunaikan tugasnya ditengah masyarakat.

Selain itu, balakangan ini banyak jenis penyakit yang menyebabkan kematian, dipandang sangat perlu diketahui oleh para perawat jenazah. Tujuannya agar para perawat jenazah cekatan saat melaksanakan tugasnya. 

"Kalau sampai menjadikan kematian akan ada hubungannya dengan ada semua dalam merawat jenazah sehingga perlu diketahui bersama," ujarnya. 

Setiap bulan, Pemerintah Daearah memberikan uang lelah kepada perawat jenazah se Kabupaten Rembang, yang besarannya hingga Rp 200 ribu  perorang. Menurutnya, jumlah tersebut akan ditambah, menjadi Rp 300 ribu.

"Sekarang bagaimana caranya bapak, ibu dapat melaksanakan tugas lebih baik. Karena belakangan ini, banyak jenis penyakit," tandasnya. (rtw)

No comments

Powered by Blogger.