82 mahasiswa STAI Al-Alwar Terjun Ke Pancur

lintasrembang.isknews.com, Lintas Rembang - Sebanyak 82 mahasiswa STAI Al-Alwar mulai diterjunkan ke masyarakat. Kecamatan Pancur dipilih sebagai sasaran kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAI Al-Alwar.

Lintas Rembang - isknews.com

Sekertaris Daerah Kabupaten Rembang Subakti saat memberikan sambutan diacara penerimaan kegiatan KKN menyampaikan, ada beberapa permasalahan yang  dijumpai di beberapa desa. Mulai data fisik dan non fisik pembangunan. Termasuk berbicara dana desa dan  potensi daerah.

”Makanya kita dorong bagaimana teman-reman mahasiswa STAI Al-Anwar Sarang dapat menggandeng masyarakat, untuk membangun desanya sendiri,” pungkasnya.

Sementara itu, Ka Prodi Ilmu ALqura dan Tafsir (IQT) STAI Al Anwar Sarang, Muhammad Najib mengatakan totalnya mahasiswa yang melaksanakan KKN sebanyak 82 orang. Mereka akan disebar di enam desa wilayah Pancur.

”Kita akan sebar mereka di desa Tuyuhan, Jeruk, Sidowayah, Japeledok, Kalitengah dan Wuwur, kecamatan Pancur. Sesuai jadwal KKN dilakukan selama 41 hari," ungkapnya.

Menurutnya Pancur dipilih pertimbangan lingkup Kabupaten Rembang. Lalu disana ada heteronitas masyarakat. Utamanya yang menarik dari sisi kombinasi model santri yang beragam ditengah masyarakat.

”Selain tiga pertimbangan diatas, daerahnya terjepit antara kecamatan Lasem dan Pamotan yang ukuranya sama-sama besar. Contoh kecilnya insfrastruktur pasar, masyarakat kebanyakan masih lari di dua kecamatan tersebut” terangnya.

Dari situlah mahasiswa Al-Anwar diharapkan dapat berkelanjutan. Makanya ditahap awal dengan pemetaan wilayah potensi. Kekuatan itulah yang diharapkan kedepan desa-desa yang dirempati berkembang dan membangun dirinya sendiri.

”Konsep kami memang ini menumbuhkan dan membela prakarsa masyarakat. Dengan menerapkan metode ala LSM dan kampus,” paparnya. (rtw)

No comments

Powered by Blogger.